Popular Posts

Segitiga Exposure dalam Fotografi

Segitiga Exposure - Segitiga Exposure adalah istilah yang mengacu kepada banyaknya cahaya yang diserap oleh sensor kamera dalam proses pengambilan foto. Seperti yang pernah ditulis pada artikel lainnya bahwa, exposure dalam fotografi merupakan gabungan dari ketiga unsur utama yaitu shutter speedaperture dan iso.
 Exposure Fotografi
Jika shutter speed mengacu pada waktu yang diperlukan untuk sensor menyerap cahaya yang masuk, lalu aperture mengacu pada besar bukaan lensa ketika sensor menyerap cahaya, dan iso merupakan tingkat sensitivitas sensor. Maka exposure adalah jumlah cahaya yang diterima oleh sensor. Simaklah ilustrasi berikut.
Exposure Fotografi
Exposure Fotografi

Bayangkan sebuah ember yang sedang menampung air dari sebuah keran. 
  • Shutter speed - Seberapa lama kita membuka keran air.
  • Aperture - Seberapa besar lubang keran air dibuka.
  • ISO - Kuatnya dorongan air yang keluar dari PDAM.
  • Exposure - Banyak air yang ditampung dalam ember. Exposure Fotografi
Dalam ilustrasi di atas, cahaya kita ibaratkan dengan air. Dengan mengerti konsep dasar exposure tentu kita dapat mengubah nilai exposure pada foto sesuai dengan keinginan kita. Mengubah nilai exposure dapat dilakukan dengan cara mengubah salah satu atau lebih elemen yang menyusun exposure itu sendiri, tergantung dengan foto seperti apa yang ingin kita ciptakan.

Fungsi Exposure Dalam Fotografi

Segitiga Exposure dalam fotografi memiliki manfaat yang banyak terutama ketika kita sudah masuk lebih jauh dalam dunia fotografi. Dalam konsep exposure sendiri, dikenal dengan tiga istilah yang berbeda yaitu overexposure, normal exposure, dan underexposure. Overexposure mengacu kepada hasil foto yang relatif lebih terang dari kondisi aslinya, sedangkan underexposure mengacu kepada hasil foto yang lebih redup dari kondisi aslinya. Kita dapat menciptakan foto yang sama tapi dengan nilai exposure yang berbeda dengan cara mengubah salah satu elemen penyusun exposure. Exposure Fotografi

Exposure Fotografi

Pada kamera dslr yang termasuk di atas entry-level, biasanya terdapat fitur exposure-bracketing yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan nilai exposure yang berbeda. Para fotografer profesional biasanya menggunakan foto yang sama (namun nilai exposure berbeda) untuk menciptakan foto yang memiliki ruang dinamis yang lebih luas atau biasa dikenal dengan HDR (High Dynamic Range). 
Exposure Fotografi
Exposure Fotografi

Dalam foto HDR, gambar yang dihasilkan terlihat seolah lebih hidup. Namun untuk membuat foto yang memiliki area dinamis yang luas tentunya memerlukan olah digital lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Segitiga Exposure dalam Fotografi"

Posting Komentar