Popular Posts

Shooting Mode Kamera

Shooting Mode Kamera - Shooting mode kamera adalah mode yang terdapat pada kamera, berfungsi untuk memudahkan dalam memotret sesuai dengan keinginan kita. Pada kamera dslr terdapat beberapa mode yang sering digunakan yaitu mode auto, mode manual, mode arperture priority, mode shutter priority dan mode programmed.

Mode Auto (Auto)

Shooting Shooting Mode Kamera
Mode auto kamera dslr merupakan shooting mode kamera yang secara otomatis settingannya sudah diatur oleh kamera. Mode ini biasanya banyak digunakan oleh para pemula dalam dunia fotografi atau fotografer yang sedang 'belajar fotografi pemula'.
Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera
Mode auto memiliki banyak kemudahan dalam penggunaannya karena kita hanya perlu menekan tombol shutter, dan secara otomatis kamera akan menentukan sendiri settingan shutter speed, aperture dan iso sehingga gambar yang dihasilkan relatif memiliki nilai exposure yang normal. 
Shooting Mode Kamera
Tidak hanya itu saja, mode ini juga secara penuh mengontrol area atau titik fokus saat kita memotret, meskipun kadang hasilnya kurang memuaskan. Namun memotret dengan menggunakan mode auto tidak selamanya memberikan hasil foto yang buruk.
Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera

Bagi mereka yang masih 'belajar fotografi pemula' seperti saya, tentu mode auto sangat jarang dipakai karena hasil yang diperoleh kurang memuaskan, baik dari segi fokus maupun dari segi lainnya. Meski demikian, mode auto juga tersedia dalam beberapa scene. Misalnya pada kamera nikon terdapat mode auto untuk landscape, macro, close up, potrait, baby, sport dan night.

Mode Aperture priority (Av/A)


Mode aperture priority kamera dslr yaitu shooting mode kamera yang secara semi-otomatis yang lebih memprioritaskan nilai arperture (baca kembali tentang aperture) saat kita memotret. Sesuai dengan namanya, pada mode aperture priority kita menentukan secara manual nilai aperture dan kamera akan secara otomatis mengatur nilai shutter speed dan iso.

Meskipun bersifat semi-otomatis, kita juga memegang kendali dalam menentukan metering/exposure sehingga kita dapat menghasilkan foto yang nilai exposure nya sesuai dengan yang kita inginkan.

Shooting Mode Kamera

Mode ini seringkali digunakan oleh fotografer profesional untuk memotret landscape dan membuat foto HDR (high dynamic range). Untuk menciptakan foto yang sama tapi dengan nilai exposure yang berbeda, biasanya terdapat fitur exposure bracketing, namun pada kamera entry-level biasanya disiasati dengan fitur exposure compensation (exposure kompensasi).

Kesulitan yang seringkali dialami ketika menggunakan mode aperture priority yaitu nilai shutter yang diberikan oleh kamera seringkali menyulitkan fotografer, terutama memotret dalam kondisi cahaya yang redup. Karena tangan manusia sangat sulit memotret dengan shutter speed di bawah 1/60 sec, maka untuk menyiasatinya harus menggunakan alat bantu penyangga kamera (tripod).

Mode Shutter Priority (Tv/T)


Mode shutter priority kamera dslr merupakan kebalikan dari mode aperture priority. Jika pada mode aperture priority kita menentukan nilai aperture dan metering/exposure lalu kamera secara otomatis menentukan nilai shutter speed dan iso. Dalam mode shutter priority kita lah yang menentukan nilai shutter speed dan metering/exposure, lalu kamera secara otomatis menentukan nilai aperture dan iso.
Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera

Mode ini seringkali digunakan untuk memotret gerakan objek yang relatif lebih lambat atau relatif lebih cepat. Ketika memotret pergerakan objek yang lebih lambat biasanya bertujuan untuk merekam pergerakan dari objek, sehingga memunculkan efek tertentu. Sedangkan ketika memotret pergerakan objek yang lebih cepat biasanya bertujuan untuk 'membekukan' gerakan objek sehingga objek yang sedang bergerak cepat seolah-olah terdiam.Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera

Mode Manual (M)


Mode manual kamera dslr merupakan shooting mode kamera yang memberikan kontrol secara penuh kepada kita untuk menentukan sendiri nilai shutter speed, aperture dan iso. Termasuk menentukan nilai metering/exposure. Sehingga kita dapat kita dapat menciptakan foto dengan nilai exposure yang berbeda-beda.

Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera
Mode manual ini merupakan senjata utama yang sering digunakan oleh fotografer yang mendalami dunia fotografi karena memberikan banyak kemudahan dalam menyesuaikan kondisi cahaya dan objek yang difoto. Shooting Mode Kamera

Mode Programmed (P)


Mode programmed kamera dslr merupakan shooting mode kamera semi-otomatis yang secara default yang memberikan kontrol pada kita untuk menentukan nilai sensitivitas sensor atau iso kamera.
Shooting Mode Kamera
Mode programmed ini seringkali dikenal dengan mode programmed auto.Tidak seperti pada mode auto yang hampir seluruh unsur penyusun exposure bahkan titik fokus sepenuhnya diatur oleh kamera, pada mode ini kita diberikan hak untuk mengontrol titik fokus. Biasanya bagi mereka yang pertama kali mendalami dunia fotografi akan menggunakan mode ini setelah sebelumnya menggunakan mode auto.
Shooting Mode Kamera
Shooting Mode Kamera

Sebenarnya shooting mode kamera memiliki tujuan untuk membantu kita dalam memotret agar lebih mudah. Semuanya tergantung selera masing-masing dalam menggunakan shooting mode kamera dan kejelian fotografer dalam melihat serta memahami keadaan objek yang akan difoto. Namun jika anda ingin mendalami bidang fotografi yang lebih luas, saya sarankan untuk menguasai semua shooting mode kamera yang ada, dapat dimulai dari shooting mode programmed sampai dengan manual. Shooting Mode Kamera





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Shooting Mode Kamera"

Posting Komentar