Popular Posts

Lakukan 5 Hal Wajib Ini Sebelum Membeli Lensa Kamera


Jika kalian sudah merasa tidak terpuaskan oleh lensa kit maka mungkin itulah saatnya untuk kalian merambah pada lensa lainnya yang relatif lebih baik. Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat membuat postingan "10 Tips Memilih Lensa Kamera (DSLR - Mirrorless)", pada postingan tersebut saya menitik beratkan pada pembahasan mengenai pemilihan lensa yang tepat dan pada postingan kali ini saya lebih memfokuskan pada hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli lensa pilihan kamu tersebut.

  1. Lakukan riset yang mendalam tentang lensa yang kamu inginkan. Membaca sebuah postingan/artikel online atau melihat review youtube mungkin sudah dapat membulatkan tekad kalian untuk secepat mungkin membeli lensa yang kalian inginkan tersebut, namun jangan sampai hal itu justru menjadi bumerang bagi kalian dikemudian hari. Saran saya lakukan riset yang mendalam dari mulai kelebihan, kekurangan, hands-on, hingga testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan lensa tersebut, jangan search dengan menggunakan keyword "reveiew" saja namun coba keyword yang lebih mengarah pada kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada lensa seperti  keyword "trouble" atau "masalah" misalnya. Selain kalian bisa mencarinya di gogle dan youtube, saya sarankan juga untuk gabung di grup-grup sosial media semacam facebook misalnya, karena digrup-grup tersebut biasanya kita mendapatkan banyak input. Jadi minimal selama 1 minggu penuh cobalah untuk menghimpun informasi yang cukup sebelum kalian checkout di marketplace atau datang langsung ke toko kamera.
  2. Tentukan apakah sekarang waktu yang tepat? Timing memegang peran yang sangat penting untuk menentukan apakah kita puas dengan yang kita beli atau tidak. Tanyakan pada dirimu sendiri apakah memang sekarang waktu yang tepat untuk membeli lensa ini? Apakah lensa yang akan kamu beli ini benar-benar akan menjadi upgrade dari lensa yang sudah kamu punya? Apakah budget yang ada sekarang lebih baik disimpan beberapa saat agar bertambah sehingga bisa mendapatkan lensa yang lebih baik? Apakah ada kelebihan (benefit) yang bisa kamu dapatkan sekarang (cashback toko dll)? Sekali lagi saya ingatkan jangan terlalu tergesa-gesa dalam membeli lensa (atau barang apapun), tunggulah momen yang tepat sembari terus dipertimbangkan berbagai faktor yang ada agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.
  3. Bandingkan spesifikasi dengan kegiatan foto/video kamu. Memilih spesifikasi yang tepat untuk kegiatan yang tepat akan memberikan optimalisasi pada lensa dan juga pada hasil kerja kamu jadi pastikan kamu tau mengenai hal ini. Contohnya jika kamu sering motret di alam dan sering berhadapan dengan cuaca yang extreme (hujan, debu, dll) maka pilihlah lensa yang punya fitur weather sealed untuk meminimalisir kemungkinan lensa rusak, contoh yg lainnya jika kamu suka memotret objek-objek yang sangat kecil maka lensa terbaik untuk kamu adalah yang memiliki kemampuan macro, dan jika kegiatan kamu kebanyakan di indoor atau tempat yang minim cahaya maka lensa dengan bukaan besar akan lebih membantu kamu.
  4. Pastikan lensa yang akan kamu beli kompatibel dengan kamera kamu. Terdengar klasik tapi  jangan salah ini sangat penting mengingat sekarang banyak sekali tipe mount lensa yang ada, bahkan satu brand pun punya lebih dari satu mount lensa. Saya contohkan saja untuk kamera nikon ada F-Mount untuk lensa kamera dslr dan Z-Mount untuk kamera mirrorless nya, jadi jika kita membeli lensa F-Mount sedangkah kamera kita menggunakan Z-mount maka dapat dipastikan lensa tidak akan bisa dipasangkan (terkecuali kita menggunakan adapter, contoh untuk nikon ada F to Z). Dan jika kamu membeli secara online pastikan kepada penjual bahwa lensa nya kompatibel dengan kamera kamu, jenis lensa ini sering tidak dijelaskan oleh penjual apa lagi untuk lensa-lensa 3rd party seperti Sigma, Tamron, Samyang, dan lain-lain.
  5. Pertimbangkan investasi pada tempat penyimpanan gear. Saat kamu sudah memutuskan untuk membeli lensa baru itu artinya kamu sudah mulai berfikir untuk serius menekuni dunia foto atau videografi ini, jadi sangat besar kemungkinan kamu akan membeli peralatan-peralatan lain yang tentunya membutuhkan perhatian yang mulai khusus. Lensa secara khusus (dan umumnya peralatan lain, seperty body, flash, dll) sangat rentan sekali berjamur sehingga kita harus sangat hati-hati sekali dalam penyimpanannya, dalam cuaca atau udara yang lembab kemungkinan untuk tumbuhnya jamur pada peralatan kamera kita sangatlah besar apalagi jika lensa jarang dibersihkan (yang dibersihkan saja masih ada yang berjamur) jadi minimal sekarang kamu harus berfikir untuk membeli drybox untuk tempat penyimpanan peralatan kamu, karena drybox ini tugasnya adalah menstabilkan suhu udara agar tidak ada jamur-jamur yang dapat muncul pada lensa.
Nah demikianlah postingan kali ini yang membahas tentang 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Membeli Lensa Kamera, semoga ada manfaatnya untuk kalian semua. Jangan lupa untuk eksplore postingan lain di blog ini untuk mendapatkan info menarik lainnya, untuk sekarang saya undur diri dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukan 5 Hal Wajib Ini Sebelum Membeli Lensa Kamera"

Posting Komentar